Bolehkan Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Advertisement
puasa bagi ibu hamil

puasa bagi ibu hamil

 Puasa Bagi Ibu Hamil, Amankah? РSaat bulan Romadhon, seluruh umat muslim di dunia yang sudah memenuhi syarat diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Ya, hanya mereka yang sudah memenuhi syaratlah yang diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Dimana syarat yang perlu dipenuhi antara lain adalah islam, sehat akal dan pikiran, sudah baliq, dan mampu. Yang dimaksud mampu disini adalah mereka mampu melaksanakan puasa secara fisik. Sebab tak semua orang mampu menjalankan puasa, semisal ibu hamil, orang tua, atau orang sakit.

Ya, ibu hamil sering kali tidak menjalankan dengan alasan kesehatan janin dan ibu yang akan terganggu. Namun bagaimana sebenarnya, puasa bagi ibu hamil tidaklah dilarang. Namun dengan catatan, bahwa kondisi ibu dan janin tetap dalam kondisi yang baik.

Selama kondisi ibu dan janin masih dalam keadaan baik, maka seorang ibu hamil tetap diperbolehkan untuk melakukan puasa wajib ataupun puasa sunah. Dengan begitu, ibu hamil tetap bisa menjalankan kewajiban tanpa harus menggantinya dengan fidyah (membayar denda).

Namun yang perlu ibu hamil perhatikan, puasa bagi ibu hamil tetap bisa dilakukan asal kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik. Dimana nutrisi yang masuk dalam tubuh ibu harus sama banyaknya dengan ketika ibu tidak dalam kondisi puasa.

Jadi,bisa disimpulkan jika puasa bagi ibu hamil boleh asal dengan catatan kondisi ibu dan janin baik serta  jumlah dan macam nutrisi yang dikonsumsi harus sama hanya saja waktu mengonsumsinya saja yang berbeda.

Untuk menyiasatinya, ibu hamil harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisi untuk janin yang ada di dalam kandungan. Baik itu saat berbuka puasa, atau khususnya saat melakukan makan sahur.

Jadi yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisinya, selama kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan janin bisa tercukupi dengan baik, maka ibu hamil tetap bisa melakukan puasa. Selain asupan nutrisi, ibu hamil juga perlu memperhatikan aktivitasnya selama berpuasa, sebisa mungkin menghindari rasa lelah yang berlebihan. Karena bagaimanapun juga, rasa lapar akan tetap muncul, sekalipun kebutuhan nutrisi tercukupi. Jadi tergantung bagaimana Anda menyiasatinya, masing-masing orang memiliki cara yang berbeda.

 

Advertisement
Bolehkan Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini Jawabannya | admin | 4.5