Proses Persalinan Normal Dari Kontraksi

Advertisement
proses persalinan normal

proses persalinan normal

Proses Persalinan Normal Dari Kontraksi – Menjadi seorang ibu adalah satu anugerah terindah bagi seorang wanita. Sesaat setelah ia melahirkan, kesempurnaan menjadi seorang wanita terasa begitu nyata dalam dirinya. Terlebih lagi bagi anda yang berhasil melalui jalan persalinan normal.

Pasti perasaan bahagia dan terharu akan lebih terasa. Hanya saja memang proses persalinan normal ini membutuhkan perjuangan yang lebih besar. Sebab tak hanya tenaga dan fisik yang perlu dipersiapkan dengan matang, namun waktu juga harus dipersiapkan dengan baik.

Ya, mengingat proses persalinan normal ini tidak sesingkat proses persalinan caesar yang bahkan bisa dilakukan hanya dalam waktu 30 menit. Melahirkan secara normal berasal dari kontraksi. Sebelum memasuki tahap-tahap persalinan setelah kontraksi, setiap wanita memiliki tanda-tanda melahirkan yang tidak sama. Namun pada dasarnya sama saja dengan diawali kontraksi.

Kontraksi itu sendiri biasanya dirasakan oleh seorang wanita yang akan melahirkan dengan rasa kram perut seperti saat menstruasi.

Ingin tahu bagaimana proses persalinan normal sejak awal kontraksi? Berikut urutannya.

  1. Kontraksi

Sebelum memasuki proses persalinan normal, ibu hamil akan mengalami kontraksi.  Awalnya kontraksi akan terasa dalam jeda waktu yang cukup lama, dan dengan rasa yang tak begitu menyakitkan.

Namun setelah beberapa jam, kontraksi akan terjadi lebih sering dan lebih keras.

  1. Pembukaan awal

Biasanya, ketika ibu hamil sudah mengalami kontraksi yang begitu sering (sekitar 10 menit sekali), berarti ia juga akan mengalami pembukaan 1 sampai 3. Dan pada awal pembukaan ini, ibu hamil masih bisa menahan untuk mengedan.

  1. Pembukaan selanjutnya

Jika proses berjalan dengan cepat dan lancar, maka proses pembukaan akan berlanjut dengan cepat. Biasanya, pertambahan pembukaan ini akan disertai dengan kontraksi yang lebih sering.

  1. proses mengedan

Setelah pada pembukaan 8 lebih, proses persalinan normal biasanya akan memasuki sesi dimana ibu harus mengedan tanpa mengeluarkan suara (mulut tertutup). Yaitu agar dorongan yang diberikan lebih terasa.

Dan pengaturan pernafasan pada proses persalinan normal ini akan sangat berpengaruh pada stamina ibu.

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan bersiaplah untuk menjadi seorang wanita sempurna.

Advertisement
Proses Persalinan Normal Dari Kontraksi | admin | 4.5